5 Indikator Manajemen Keuangan Yang Wajib Di Pantau Oleh Semua Bisnis

Manajemen keuangan yang baik sangatlah penting untuk diperhatikan. Untuk itulah banyak para pelaku bisnis sukses yang menyarankan untuk memantau pergerakkan keuangan bisnis secara berkala dan konsisten.

Jika Anda memiliki manajemen keuangan yang baik, hal tersebut dapat memungkinkan Anda dalam membuat sebuah keputusan bisnis yang cepat dan juga tepat guna mananggapi perubahan atau permasalahan yang terjadi pada bisnis.


Tinjau Kondisi Keuangan Bisnis Secara Berkala

Dalam menjalani sebuah bisnis, Anda harus dapat disiplin dalam meninjau data yang Anda miliki termasuk data keuangan. Setidaknya, lakukanlah peninjauan sebulan sekali dan lakukan analisis menyeluruh dari data yang didapat.

Bandingkan data yang dihasilkan dengan tujuan yang telah Anda tetapkan. Lakukanlah penyesuaian strategi berdasarkan data yang ada guna mencapai tujuan tersebut. Jika Anda hanya menunggu, semuanya akan terlambat.

5 Indikator Manajemen Keuangan

Growth – Lihatlah data yang dihasilkan. Apakah penjualan Anda meningkat atau menurun? Apakah ada tren tertentu yang perlu diperhatikan?

Profitability – Apakah Anda berhasil mendapatkan profit yang Anda harapkan?

Liquidity – Apakah bisnis Anda dapat memenuhi kewajiban Anda dalam waktu dekat?

Leverage – Apakah bisnis Anda dapat memanfaatkan keuangan yang dimiliki untuk meningkatkan operasional dan pertumbuhan?

Activity – Apakah Anda mengelola aset yang Anda miliki secara efektif?

Dengan memperhatikan kelima indikator diatas, Anda dapat mengetahui kondisi serta kinerja bisnis Anda. Selain itu Anda juga dapat mengetahui langkah apa yang sebaiknya Anda lakukan untuk dapat lebih meningkatkan performa bisnis yang sedang Anda jalankan.

Tidak peduli apakah Anda hanya memiliki bisnis kecil, menengah atau kelas atas sekalipun, semua membutuhkan manajemen keuangan. Jika tidak, bisnis Anda hanya akan mendapatkan masalah yang merugikan sehingga dapat menghambat pertumbuhan bisnis. Anda pastinya tidak ingin hal itu terjadi kan?
5 Indikator Manajemen Keuangan Yang Wajib Di Pantau Oleh Semua Bisnis 5 Indikator Manajemen Keuangan Yang Wajib Di Pantau Oleh Semua Bisnis Reviewed by Unknown on 11.08 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.