Mengenal Software ERP - Software Perusahaan Masa Kini

Mengawali langkah kita dalam menggunakan sistem pada bisnis, terkadang kita akan menghadapi sebah dilema dan juga situasi yang tak menentu. Hal ini biasanya disebabkan oleh kurangnya pengalaman, terutama bagi kita yang masih awam dalam dunia bisnis.

Namun dengan kecanggihan teknologi seperti software dan sistem komunikasi dan informasi yang ada sekarang ini, harusnya kita tidak lagi mengalami permasalahan tersebut. Setidaknya kita bisa mendapatkan seperangkat software praktis yang dapat kita terapkan pada masing – masing kebutuhan kita.



Sekarang ini, telah banyak jasa yang menawarkan aplikasi atau software khusus untuk pengelolaan perusahaan. Entah mereka hanya menawarkan produk software dan penginstalannya, atau lengkap dengan berbagai pelayanan service serta jasa konsultasinya.


Mengenal software ERP


Software ERP (Enterprice Resource Planning merupakan sebuah konsep perencanaan yang besar dari sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahaan yang berperan mengintegrasikan dan menngotomatiskan berbagai proses bisnis yang berhubungan dengan berbagai aspek operasional perusahaan.

Software ERP biasa digunakan untuk mengelola keseluruhan aktifitas dalam perusahaan termasuk keuangan, produksi, HRD, marketing, supply chain, logistik dan masih banyak lagi lainnya. Hal inilah yang menyebabkan software ERP disebut sebagai software back office andalan.

Dengan sederet rangkaian sarana dan infrastrukturnya, software ERP memiliki peran dan tujuan yang diantaranya.

1. Mengintegrasi dan mengotomatiskan berbagai macam proses bisnis

2. Menghasilkan data informasi secara real time

3. Memungkinkan perpaduan antara proses transaksi dan juga kegiatan perencanaan

4. Memberikan fleksibilitas pada perusahaan

Selain itu software ERP juga memiliki berbagai kelebihan yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan seperti

1. Integrasi antara area fungsional perusahaan yang berbeda untuk menjalin komunikasi, produktifitas serta efisiensi dengan tepat

2. Perancangan perekayasaan

3. Mengatur dan mengelola sistem yang saling ketergantungan dengan mudah

4. Pelacakan 3 sistem yang berbeda yaitu pembelian, penerimaan inventori dan pembiayaan hanya dalam 1 dashboard

5. Pelacakan pemesanan dan penerimaan sampai fulfillment

6. Dan masih banyak lagi kelebihan lainnya

Dengan penjelasan singkat diatas, maka dapat kita tarik kesimpulan bahwa software ERP adalah sebuah software bisnis yang mampu mengintegrasikan berbagai aspek perusahaan hanya dalam satu sistem. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan perusahaan jika dibandingkan harus menggunakan sistem yang berbeda untuk setiap aspek perusahaan. Jadikan bisnis anda semakin modern dan semakin berkembang dengan software ERP.
Mengenal Software ERP - Software Perusahaan Masa Kini Mengenal Software ERP - Software Perusahaan Masa Kini Reviewed by Unknown on 10.30 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.