Mengenal Perbedaan POS & Software ERP Bagi Bisnis Anda

Banyak orang yang bingung bagaimana membedakan sistem POS (Point Of Sales) dan sistem ERP karena pada dasarnya, kedua sistem ini memiliki kemiripan di antara keduanya. Karena itulah dalam artikel ini akan membahas tentang persamaan serta perbedaan yang dimiliki ole sistem POS dan juga sistem ERP. Selain itu artikel ini juga akan menjelaskan kapan dan dimana kedua aplikasi ini cocok untuk digunakan.


Sistem POS (Point of Sales)

Sistem POS adalah sebuah sistem untuk membantu bagian penjualan khususnya pada perusahaan retail. Biasanya sistem POS ini digunakan di bagian kasir. Sistem ini dibuat untuk memudahkan pekerjaan kasir dalam mengelola proses penjualan.

Dalam sistem POS sendiri, biasanya telah dilengkapi dengan fitur untuk mengelola macam – macam jenis transaksi seperti diskon, membership, voucher, collecting points yang dapat dipilih. Pada umumnya, sistem POS sendiri jugan telah dilengkapi dengan sebuah hardware seperti printer, barcode scanner, dan juga cash drawer. Ada juga sistem POS yang dilengkapi dengan Simple Inventory Management dimana memungkinkan penggunakanya untuk dapat mengelola stok barang dengan sederhana.

Sistem ERP (Enterprise Resource Planning)

Sistem ERP adalah sebuah aplikasi yang berguna untuk membantu perencanaan dan pengelolaan administrasi perusahaan. Administrasi perusahaan yang dimaksud disini adalah segala bentuk transaksi penjualan, pembelian, pengelolaan inventory, keuangan, laporan akuntansi, produksi dan juga pengelolaan sumber daya manusia.

Sistem ERP memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengelola dokumen secara digital seingga dapat mengurangi penggunaan kertas (paperless). Pekerjaan diseluruh divisi terintegrasi antara satu dengan yang lainnya sehingga memudahkan karyawan dalam mengontrol seluruh aktivitas yang terjadi pada perusahaan. Baca lebih lengkap mengenai “Apa itu software ERP?

Persamaan Sistem POS dan Sistem ERP

Persamaan dari kedua sistem ini adalah keduanya dapat membantu dalam menangani bagian penjualan

Perbedaan Sistem POS dan Sistem ERP

Ada beberapa hal yang membuat kedua sistem ini berbeda antara satu dengan yang lainnya

Sistem POS

  • Digunakan di bagian penjualan, pembelian dan inventory sederhana
  • Penggunanya adalah karyawan di devisi penjualan
  • Tidak mengelola akuntansi
  • Bertujuan untuk membantu bagian penjualan
  • Biasa digunakan pada toko – toko retail dan jua restoran

Sistem ERP

  • Digunakan di hampir seluruh bagian perusahaan
  • Penggunanya adalah karyawan di seluruh divisi perusahaan
  • Mampu mengelola akuntansi
  • Bertujuan untuk membantu segala proses bisnis yang ada di perusahaan
  • Biasa digunakan sebagai sistem operasional kantor.

Dengan begini, Anda telah mengetahui bahwa perbedaannya terletak pada luas tujuan penggunaannya. Sistem ERP mampu mencakup keseluruhan operasional bisnis. Terlebih sekarang sudah ada sistem ERP yang juga memiliki fitur sistem POS seperti Acumatica Cloud ERP sehingga penggunaan sistem ERP sekarang telah menjadi semakin luas.
Mengenal Perbedaan POS & Software ERP Bagi Bisnis Anda Mengenal Perbedaan POS & Software ERP Bagi Bisnis Anda Reviewed by Unknown on 10.58 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.